-->

Apa itu sih maksudnya SoC pada Smartphone? Exynos, Snapdragon, Mediatek ?

Apa itu sih maksudnya SoC pada Smartphone?

Banyak orang yang melihat pada spesifikasi Smartphone tertulis Qualcomm, Exynos, Nvida, Tegra, Mediatek sebetulnya apa sih itu?

Jadi, pada perangkat Smartphone terdapat System on Chip atau yang biasa di singkat SoC.

Gini pemahamannya, dalam perangkat smartphone itu berisi banyak chip yang bekerja sesuai tugasnya masing masing. Akan tetapi smartphone itu dibuat sangat kompak dan tipis.

Semua chip yang memiliki pekerjaan masing masing itu seperti prosesor, pengolah grafis (GPU), Modem, sensor, RAM bahkan GPS di satukan dalam satu system. Jadilah SoC.

Kalau kamu terbiasanya atau mengerti komponen sebuah CPU Komputer (PC) System on Chip ini seperti komponen Built In. Sudah sepaket dengan segala komponennya.

Gak seperti PC yang bisa kita rakit bebas sesuai keinginan kita.

Alesannya apa? Kenapa Smartphone tidak bisa? Jawabannya, seperti di awal.

Smartphone memiliki ruang yang sangat terbatas dan kinerja antar komponen membutuhkan daya konsumsi listrik yang terbatas pula dan harus terhubung dengan baik antar komponennya.

Makanya mereka butuh system kesatuan untuk manajemen antar komponen bisa lebih efisien.

Manajemen daya setiap komponen sangat di butuhkan di agar perangkat bisa memiliki konsumsi baterai yang hemat juga, belum lagi kalau SoC yang menggunakan Prosesor kencang dan GPU terbaik pastinya butuh banget kan manajemen yang kompleks?

Jadi gitu sekian tentang SoC nya Terimakasih

0 Response to "Apa itu sih maksudnya SoC pada Smartphone? Exynos, Snapdragon, Mediatek ?"

Posting Komentar

iklan 2

iklan 3

iklan 4