-->

Peran Game Developer dan Publisher dalam dunia Game Online

Peran-Game-Developer-dan-Publisher-dalam-dunia-Game-Online

Developer game merupakan perusahaan yang mengembangkan bahkan membuat game online tersebut baik lokal, internasional bahkan hingga multiinternasional. 

Apa peran dari Developer Game ?


Developer game memiliki tanggungjawab atas kendala kendala pada game yang mereka buat seperti adanya bug, crash, error, fatal dan hal lain yang membuat game tidak berjalan dengan baik. Karena game online memiliki akses server dimana semua pemain bisa mengakses permainan mereka 24 jam maka peran developer game sangatlah penting demi kenyamanan pemainnnya.

Tidak akan ada habisnya pekerjaan developer game kecuali game tersebut bangkrut atau tutup. Perkembangan Game online juga selalu berkembangan dari update fitur fitur terbaru, event untuk para pemainnya

Tantangan terberat sebuah developer game adalah bagaimana game terus berkembang agar memiliki sesuatu yang "baru dan menarik" agar dapat bersaing dengan game lainnya. Tujuannya satu, agar pemain tidak mudah bosan dalam memainkan permainannya.

Beberapa developer terkenal di dunia :

1. Valve coorporation 

Developer game ini berada di Bellevenue tepatnya di kota Washington, USA. Valve didirikan pada tahun 1996. Game mereka yang sudah mendunia seperti Counter Strike, Half-Life, Left 4 Dead, Team Fotress dan Defence of The Ancient 2 atau biasa disebut DOTA 2 yang juga salah satu game MOBA yang sudah sangat terkenal dengan kompetisi kompetisi yang dibuat amat megah dengan hadiah yang sangat fantastis di The International

2. Activision 

Developer game yang berasal dari Santa Monica, California, USA ini didirikan pada tahun 1979. Sudah banyak sekali judul judul game yang sudah mereka buat sampai saat ini seperti Call of Duty, Amazing Spiderman, Crash Bandicot Series dan masih banyak lagi.

3.Electronic Art / EA

Untuk kalian yang suka memainkan game olahraga biasanya sudah familiar mendengar nama developer game yang satu ini. EA didirikan pada tahun 1982 di Reedwood City, California, USA. Mereka sudah membuat banyak game di antaranya The Sims, Need for Speed, Crysis 3, Command and Conquer dan lain lain.

Bagaimana dengan Publihser Game ?

Nah selanjut Publisher Game, Publihser Game adalah perusahaan yang berperan untuk memasarkan game online. Perusahaan publisher game lebih memfokuskan lebih kepada bagaimana game tersebut banyak di mainkan oleh playernya. Mulai dari penyebaran gamenya, promosi, walaupun tidak menutup kemungkinan publisher game juga membantu apabila ada masalah masalah yang masih bisa mereka handle. 

Perusahaan publisher game dapat berdiri sendiri ataupun menyatu dengan developer gamenya loh seperti Bilizzard yang memiliki divisi khusus sebagai pemasarannya, yaitu Activision Blizzard.

Beberapa Publisher Game di Indonesia

1. Lytogame

Publisher game ini sudah tidak asing lagi di indonesia, Lytogame didirikan pada tahun 2003 di Jakarta. Game yang terkenal di publisher oleh Lytogame di antaranya : Ragnarok, Rising Force, Perfect Wolrd, Luna Online, Getamped, CrossFire dan masih banyak lagi. Meskipun hingga saat ini tidak semua game bisa bertahan dari gempuran game game lain apalagi sejak adanya Android.

2. Gemscool

Point Blank, Atlantica online, Lost Saga, Dragonest merupakan game yang di publisher oleh Gemscool. Sudah banyak dari kalangan gamer yang tau dengan publiher yang satu ini.

3. Megaxus Infotech

Publisher ini sangat terkenal dengan game Ayo Dancenya yang hingga saat ini masih cukup banyak di mainkan, Megaxus didirikan di Jakarta pada tahun 2006. Game yang juga di publis oleh Megaxus antara lain Lineage, Grand Chase dan lain lain.

Nah sekarang gak bingung lagi kan apa peran mereka antara Publisher yang berfokus untuk memasarkan game agar dapat dimainkan oleh banyak pemain dan peran Developer selaku pembuat game dan yang mengembangkan game ?

1 Response to "Peran Game Developer dan Publisher dalam dunia Game Online"

iklan 2

iklan 3

iklan 4